KHASIAT DAUN & BUAH MENGKUDU

Sabtu, 11 Juni 2011

Mengkudu digosipkan di Amerika Serikat sebagai penakluk kanker yang ampuh. Di Indonesia ia juga sudah lama dikenal. Beberapa pakar kesehatan Amerika Serikat, khususnya yang ada di Hawaii, belakangan gencar mempromosikan kehebatan mengkudu. Kabarnya, mengkudu tak hanya mampu menggasak penyakit biasa, seperti penyakit akibat ketuaan, depresi mental, nyeri haid, memar, sakit kepala. Namun ia juga tangguh dalam menaklukkan hipertensi. Penyempitan pembuluh darah arteri (aterosklerosis), arthritis, bahkan kanker, maupun kecanduan narkoba.
Mengkudu, yang punya nama botani sangat cantik yakni Morinda Citrifolia tak lain adalah mengkudu. Di beberapa daerah ia disebut dengan nama-nama setempat, seperti cangkudu, atau cengkudu di Jawa Barat, kodhu di Madura, wengkudu di Bali, labanan atau wangkdu sebutannya di Kalimantan. Atau bisa disebut pace di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Khasiat daun dan buah Mengkudu
Sebagaimana sayuran daun hijau pada umumnya, daun mengkudu sangat kaya akan protein, provitain A, serta beberapa mineral seperti fosfor, kalsium, zat besi, dan selenium. Sebagai pemulih tenaga, pemacu penyembuhan luka, pengganti sel darah merah yang banyak hilang serta penggenjot produksi ASI, lalap daun mengkudu kukus amat dianjurkan bagi wanita yang baru melahirkan.
Hebatnya lagi, selenium yang banyak terdapat dalam daun mengkudu juga berkhasiat sebagai antikanker. Daun mengkudu mempunyai kandungan serat kasar hingga mencapai 33,38 mg%. Karena kandungan seratnya yang tinggi, daun mengkudu juga berkhasiat hipokolesternik, yakni dapat menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi. Karena itu jika Anda menderita hiperkolesterolemia (kadar kolesterol darah lebih dari 200 mg/liter) dan memiliki resiko terserang stroke atau jantung koroner, jangan ragu menyantap daun mengkudu.
Sebagai santapan berkhasiat obat, lalap daun mengkudu kukus pun bagus bagi penderita kencing manis (diabetes mellitus), karena dapat mengendalikan kadar gula darah.
Beberapa ramuan mengkudu :
1.     Buah mengkudu muda dibuat jus dengan cara diblender bersama air masak secukupnya, bisa dibubuhi sedikit madu sebagai penambah rasa. Diminum 30 menit sebelum sarapan. Khasiat :
Membersihkan endapan lemak darah sehingga dapat menyembuhkan aterosklerosis dan stroke, serta mencegah serangan jantung.                                                                                                         
Membatasi penyerapan lemak, konsumsi dan pembentukan lemak di dalam tubuh, sehingga dapat membantu program pelangsingan, menurunkan tekanan darah tinggi, serta meredakan pikiran tegang dan stress.
2.     Buah mengkudu matang dihaluskan, campur dengan rimpang lempuyang parut, bubuhi beberapa sendok makan air masak, peras, lalu diminum.
Khasiat :
Mengobati sakit kuning karena peradangan hati (liver), radang ginjal, dan radang limpa karena serangan malaria.
Membantu membuang cairan empedu dan kolesterol berlebihan.
Menyembuhkan radang saluran kencing yang disebut anyang-anyangan (kencing sedikit-sedikit dan terasa nyeri).                                        

0 komentar: