DIET SEHAT... gimana caranya ya???

Minggu, 12 Juni 2011

Diet yang sehat adalah diat yang dapat mencukupi kebutuhan semua zat gizi yang diperlukan tubuh, karena gizi memegang peranan penting dalam mencegah berbagai penyakit. Kebutuhan gizi manusia dapat dibagi menjadi lima kelompok besar, yakni :
1.     Karbohidrat sebagai bahan bakar dan sumber energy. Dalam keadaan tertentu lemak dan protein dapat digunakan sebagai bahan bakar.
2.    Lemak sebagai sumber pembangun jaringan lemak (antara lain membrane sel), khususnya asam lemak esensial tak jenuh juga sebagai sumber energy.
3.     Protein sangat penting bagi asam amino dari sel dan berfungsi sebagai sumber membangun jaringan otot/organ dan sebagai bahan bakar sel.
4.    Vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari semua bahan makanan dalam jumlah kecil.
5.    Serat bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.

Diet yang optimal sukar diberikan bagi setiap orang, karena tergantung secara individual dari gaya hidup, pekerjaan, dan kebutuhannya. Orang-orang dengan pekerjaan fisik berat membutuhkan lebih banyak kalori daripada mereka yang bekerja administratif atau di rumah tangga. Berikut beberapa tips untuk diet yang menjamin kesehatan :
1.     Makanlah secara bervariasi, agar tubuh memperoleh semua bahan gizi yang diperlukan sambil membatasi pemasukan zat-zat yang merugikan.
2.    Cukupi pemasukan protein dengan anjuran 0,75 g/kg berat badan sehari, olahragawan sampai 2 g/kg.
3.     Makanlah minimal 2x seminggu ikan berlemak (makril, tongkol, sardencis, kembung,salem) karena kandungan asam lemak omega-3 dapat memperkecil resiko penyakit.
4.    Batasi pemasukan lemak dan kolesterol.
5.    Pemasukan karbohidrat sebaiknya dalam bentuk polisakarida (nasi, roti, kentang, singkong, tales). Dan perlu membatasi asupan gula murni dan produk-produk yang mengandungnya (limun, sirup, cola, kue cake, kembang gula, dan sebagainya) karena dapat berpengaruh buruk terhadap metabolisme glukosa.
6.    Makanlah sayuran dan buah-buahan secukupnya yakni 200 g sayuran sehari dalam keadaan segar (sebagai lalap) dan 1-3 butir buah. Jumlah ini menjamin pemasukan 30-35 g serat-serat nabati.
7.    Makanlah vitamin dan mineral secukupnya, yang antara lain bisa dicapai dengan jalan memvariasikan susunan makanan sehari-hari.
8.    Batasi pemasukan garam sampai 3-6 g sehari, karena jika berlebihan penyakit hipertensi akan datang.
9.    Minum air putih sekurang-kurangnya2 liter sehari guna memelihara keseimbangan cairan tubuh.
10.  Berolahragalah secara teratur. Jadikan itu sebagai kegiatan yang sudah tidak bisa dikomproikan lagi.

0 komentar: